Jakarta, CNN Indonesia

Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kementerian Keuangan (Kemenkeu) kembali menjadi sorotan usai viral di media sosial karena menahan peralatan olahraga milik atlet paralayang.

Dalam cuitan yang viral di media sosial X (Twitter), seorang atlet paralayang mengeluhkan peralatan olahraga khusus yang dikirimkan kepadanya tertahan oleh Bea Cukai.

Pria bernama Hendra itu bercerita bahwa ia mendapat kiriman harness paragliding dari temannya di Austria. Namun sesampainya di Jakarta, barang tersebut ditahan oleh Bea Cukai Pasar Baru karena alasan kondisi barang bekas pakai.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Ia menyayangkan sikap Bea Cukai karena ia telah berupaya mendapatkan alat tersebut. Apalagi, Indonesia masih belum bisa memproduksi barang peralatan untuk olahraga paralayang, sehingga harus didatangkan dari luar negeri.

“Kalau memang ada aturan, barang kiriman tidak boleh bekas pakai, ada baiknya disosialisasikan di seluruh jasa pengiriman di luar negeri. Agar mengetahui aturan ini, jangan sepihak saja Bea Cukai Pasar Baru,” tulis Hendra.

Menanggapi keluhan itu, Bea Cukai melalui cuitan di X menjelaskan bahwa dalam importasi barang, terdapat ketentuan impor barang yang diatur oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag), salah satunya terkait impor barang bekas.

“Hal tersebut diatur pada Permendag (Peraturan Menteri Perdagangan) Nomor 7 Tahun 2022 tentang Barang Dilarang Ekspor dan Barang Dilarang Impor,” tulis Bea Cukai.

Bea Cukai menjelaskan pihaknya tidak bisa mengeluarkan alat olahraga tersebut karena kondisi barang yang bekas pakai. Namun, alat tersebut bisa dikeluarkan jika pemilik mempunyai izin importasi barang dari Kemendag.

Untuk itu, Bea Cukai meminta pemilik untuk melampirkan surat izin impor alat olahraga bekas dari Kemendag.

“Selama importasi barang dalam keadaan bekas tidak mendapatkan izin dari @Kemendag maka Bea Cukai sebagai institusi yang bertugas dalam pengawasan arus lalu lintas barang tidak dapat memproses importasi produk tersebut,” tulis Bea Cukai.

[Gambas:Video CNN]

(del/agt)






Source link

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *